Ad Unit (Iklan) BIG

6 Cara Keluar dari Zona Nyaman

6 Cara Keluar dari Zona Nyaman - Hallo sahabat Update Terkini, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Change Maker, Artikel Comfort Zone, Artikel Keluar dari Zona Nyaman, Artikel Tips, Artikel Zona Nyaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman
link : 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman

Baca juga


6 Cara Keluar dari Zona Nyaman

Cara Keluar dari Zona Nyaman - auranesia.com


Istilah zona nyaman tentu sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Menurut Bernadeta Kusdiantari, Konsultan Experd, comfort zone atau zona nyaman merupakan situasi ketika kamu sudah nyaman dengan suatu keadaan. Sebuah pengkondisian mental di mana seseorang membuat batasan atau membatasi dirinya sendiri. Hal ini biasanya ditemukan pada orang yang merasa nyaman pada lingkungan yang sudah familiar, maupun mereka yang tidak berani untuk mengambil risiko. Zona nyaman tidak selalu buruk, namun dapat membuat kreativitas mati dan menghilangkan motivasi kamu untuk mencoba hal baru. 

Memang, untuk keluar dari zona nyaman tidak semudah yang diucapkan, dalam praktiknya membutuhkan perjuangan. Zona nyaman itu diibaratkan seperti karet, saat kamu tidak berbuat apa-apa untuk keluar darinya, waktu akan membuatnya merenggang dan bertambah lebar. Untuk itu, Kamu harus melawan keinginanmu untuk tetap tinggal di zona ini. Dengan meninggalkan zona nyaman, banyak hal yang dapat diraih lho. Meninggalkan zona nyaman juga dapat memperkuat kepribadian dan bermanfaat untuk menunjang karier. Jadi, sudah siapkah Kamu untuk keluar dari zona nyaman? Yuk ikuti beberapa cara berikut agar berani keluar dari zona nyaman.


Lawan Rasa Takut dengan Berpikir Positif

Salah satu hal yang membuat kita terjebak dalam zona nyaman adalah karena kita terlalu takut akan kemungkinan-kemungkinan buruk jika melakukan sesuatu. Cobalah untuk melawan rasa takut tersebut. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan baik yang bisa terjadi. Bangun dan bangkitkanlah aspek positif pada diri Kamu, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal yang baik. 

Berpikir positif akan mengarahkan dan membimbing Kamu untuk meninggalkan hal-hal negatif yang bisa melemahkan semangat perubahan dalam jiwamu. Orang-orang yang berpikir positif tidak akan pernah menyerah dalam mengahadapi segala rintangan yang dihadapi dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan. Dengan berpikir positif semua yang sulit menjadi mudah. Berpikir positif juga bisa membuat Kamu lebih siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang nggak diharapkan. Jadi, cobalah melawan perasaan takut dari pikiran. Kalau takut, malah kejadian lho! 


Perluas Pengetahuan dan Kemampuan

Apakah Kamu tidak bosan dengan pengetahuan yang begitu-begitu aja? Alam ini begitu luas dan banyak hal yang perlu kita pelajari dari dunia ini. Sangat disayangkan jika kita menahan diri untuk mempelajari segala sesuatu yang bisa mengembangkan diri. Jika Kamu selalu berada di zona nyaman, kapan karier akan meningkat? Berpikir positiflah, hidup pun akan lebih mudah dijalani dalam usaha meningkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan diri. 

Lakukan hal-hal baru seperti mengikuti workshop atau seminar dan membaca buku yang dapat memacu kreativitasmu. Dengan meluangkan waktumu untuk membaca setiap hari, kamu telah membuka dirimu untuk pengetahuan yang tanpa batas. Tidak hanya memperkaya diri dengan pengetahuan, buku juga dapat mengantarmu kepada dunia imajinasi yang dapat menjadi tempat pelarian di saat penat. Usahakan untuk selalu perbanyak informasi dan pengetahuan yang berguna untuk mendukung karier jadi lebih baik, jangan pernah lelah untuk belajar. 



Perluas Sudut Pandang

Salah satu yang membuat orang takut keluar dari zona nyaman atau terjebak didalamnya karena memiliki pandangan yang terlalu sempit. Ada penelitian yang menyebutkan ketika sudah terbiasa dengan segala sesuatu, otak pun berhenti berpikir. Kebiasaan inilah yang terkadang membuat kita berhenti berkembang. Untuk itu, kita perlu melakukan segala sesuatu dengan cara dan sudut pandang yang berbeda. Jangan hanya terpaku pada satu aspek saja. Cobalah untuk mulai menatap dunia ini secara fleksibel.

Pengetahuan yang kita miliki seringkali membatasi sudut pandang, dimana terkadang kita hanya melihat dari satu perspektif keilmuan semata. Cobalah memperluas ketertarikan anda terhadap berbagai disiplin ilmu, sehingga dapat memperluas sudut pandang anda. Bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi juga salah satu cara memperluas sudut pandang. Kita dapat mempelajari tradisi, budaya, dan situasi yang berbeda. Ada banyak hal yang begitu menakjubkan akan Kamu temui disetiap sudut. Hal ini akan membuat kita lebih fresh dan lebih terbuka dengan pemikiran-pemikiran yang berbeda. Dengan pemikiran yang terbuka, kita dapat menemukan sesuatu yang berbeda serta dapat melatih kemampuan untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih detail dan terperinci. Sudut pandang yang luas dan positif menjadikan hidup lebih produktif. 


Milikilah Sikap Optimis

Percaya atau tidak, salah satu senjata untuk menghilangkan rasa takut adalah dengan sikap optimis. Jika Kamu ingin melangkah keluar dari zona nyaman, sangat diperlukan sikap optimis. Orang yang optimis selalu memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu daripada hanya menunggu keajaiban datang. Melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan akan lebih baik daripada hanya menunggu dan mengeluh. Jangan cepat menyerah dengan keadaan! Ingatlah, masa depan dan kesuksesan sangat ditentukan oleh sikap dan tingkah lakumu. Kalau kamu memilih optimis, pastinya kamu akan menikmati setiap proses. Teruslah maju dan keluar dari zona nyamanmu, karena setiap perubahan itu tidak didapatkan secara instan. 

Dengan memiliki sikap optimis, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan. Hal ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan dalam hidup. Orang yang optimis cenderung memiliki peluang untuk sukses yang lebih besar serta dapat mengatasi berbagai rintangan dalam kehidupan. Tenang.. Sikap optimis bisa dipelajari, dilatih, dan dibiasakan kok. Sikap optimis ini akan selalu hadir dalam diri jika kita sudah terbiasa melihat segala sesuatu dengan positif. Yuk mulai sekarang milikilah sikap optimis, agar hari-harimu ke depan bisa lebih baik.


Milikilah Motivasi Diri yang Tinggi

Salah satu cara untuk keluar dari zona nyaman adalah dengan mendorong dirimu sendiri. Lihat kembali visi yang ingin kamu capai. Cobalah sebuah tantangan baru dan beranikan diri untuk menghadapi segala ketakutan, percayalah pada dirimu sendiri! Dengan memiliki motivasi diri yang tinggi akan membangun kepercayaan diri yang selanjutnya akan mendorong kamu untuk keluar dari zona nyaman. 

Tanpa kamu sadari, saat kamu memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu hal yang baru, itu sama saja dengan kamu sedang berproses untuk mengalahkan dirimu sendiri. Membuat keputusan untuk mencoba hal yang baru tentunya membutuhkan keberanian besar. Butuh semangat tinggi yang dapat mengalahkan ketakutan dan kecemasan yang muncul dalam diri. Ini sama halnya dengan kamu sedang memupuk motivasi dan keberanian diri. Kamu menjadi tidak khawatir jika di depan nanti akan menghadapi suatu kegagalan atau menerima resiko yang tidak terduga. Hal ini membuat kamu yakin bahwa segala upaya, usaha, dan pengorbanan yang dilakukan sekarang akan membuahkan hasil yang manis di masa depan. Kamu memandang segala sesuatu sebagai kesempatan untuk belajar, pengembangan diri, dan juga kesempatan untuk meraih kesuksesan. 

Motivasi diri yang tinggi untuk berkembang selanjutnya akan muncul dan meningkat secara signifikan. Ketika satu tantangan telah berhasil kamu taklukkan, akan ada rasa penasaran yang muncul secara alami pada diri sendiri untuk kembali mencoba hal baru lain. Motivasi yang muncul secara alami ini akan menjadi sebuah self motivation yang tidak mudah untuk dihancurkan. Dikarenakan adanya proses yang cukup panjang untuk mendapatkan semangat dan keberanian lebih tersebut. So, don’t be afraid! Let’s get out of your comfort zone. Move and get more!


Temuilah Orang-orang Baru

Sadar atau tidak ketika keluar dari zona nyaman, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Persiapkanlah dirimu untuk keluar dari zona nyaman dengan cara memperbanyak teman, bersosialisasi dengan berbagai kalangan agar menambah pengalaman. Jangan biarkan ketakutan yang kamu miliki menghambat dirimu untuk berinteraksi dan mendapatkan banyak relasi. Cobalah untuk menemui orang-orang baru yang menurutmu bisa memberikan energi positif untukmu. Jangan canggung untuk memulai interaksi. 

Memperluas pergaulan dapat membantu kamu mengurangi kecemasan manakala berada di dalam situasi yang asing. Setidaknya, orang-orang yang baru kamu kenal dan temui tersebut dapat membantu kamu mengadapi situasi yang baru. Kamu perlu bergaul dengan orang-orang yang lebih sukses, lebih pandai, lebih bijak, dan orang-orang yang bisa memberi nilai tambah bagi kehidupanmu. Kamu akan menemukan tantangn baru pada setiap orang yang kamu temui. Hal ini akan mengasah kemampuan dan menambah wawasanmu sehingga menjadi pribadi yang lebih supel dan mudah berinteraksi dengan orang lain.


Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar berani keluar dari zona nyamanmu. Cobalah lakukan sesuatu di luar zona nyamanmu, maka akan kamu dapatkan hasil yang berbeda. Katakan juga pada dirimu bahwa dengan segala kemampuan yang Kamu miliki, Kamu bisa sukses. Tunggu apa lagi, get out of your comfort zones, NOW!




Demikianlah Artikel 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman

Sekianlah artikel 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Keluar dari Zona Nyaman dengan alamat link https://re-plye.blogspot.com/2020/07/6-cara-keluar-dari-zona-nyaman.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter