Ad Unit (Iklan) BIG

Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah

Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah - Hallo sahabat Update Terkini, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidup Sehat, Artikel Lifestyle, Artikel Tidur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah
link : Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah

Baca juga


Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah

 

Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan ala Rasulullah - auranesia.com


Setiap orang pasti memiliki berbagai gaya tidur yang disenangi dan paling nyaman untuknya. Tapi, tahukah kamu jika tidak semua posisi tidur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa posisi tidur yang dapat mengakibatkan penyakit. Pernahkah kamu mendengar anjuran untuk tidur dengan miring ke sisi sebelah kanan dari sisi agama? Yap, inilah posisi tidur terbaik yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ternyata terdapat banyak kebaikan jika kita melaksanakan anjuran untuk tidur miring ke kanan ini. 


Rasulullah SAW bersabda, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (Hadist Riwayat Bukhari & Muslim).


Baca Juga: Minum Susu Buat Tidur Jadi Nyenyak


Tidur miring ke sisi sebelah kanan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Selain itu, dari sisi kesehatan, tidur miring ke sisi sebelah kanan memiliki banyak manfaat yang sangat baik dan sudah dikaji dengan berbagai penelitian medis. 


Tidur menyamping ke kanan adalah posisi yang paling benar dan menghindarkan dari berbagai penyakit karena paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada yang kanan, sehingga beban jantung lebih ringan. Tidur posisi miring ke kanan, juga dapat membantu melancarkan aliran darah dari bilik jantung sebelah kiri yang posisinya menjadi lebih tinggi ke seluruh tubuh kecuali pembuluh Aorta. Dengan posisi tidur seperti ini, maka seluruh anggota tubuh selain tangan kiri akan berada sejajar atau di bawah jantung sehingga darahpun akan mudah mengalir ke seluruh bagian tubuh sesuai dengan hukum gravitasi. Nah, posisi tubuh seperti inilah yang baik untuk jantung. 


Manfaat Tidur Miring ke Kanan ala Rasulullah 


Waktu Istirahat Otak Kiri - Tidur dalam posisi miring ke kanan dapat mengistirahatkan otak kiri. Hal ini dapat dapat menghindarkan kita dari bahaya yang timbul akibat melemahnya sirkulasi sewaktu istirahat, tidur, ataupun diam. Bahaya tersebut seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.


Mengurangi Beban Jantung - Posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat peredaran darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan.  Hal tersebut membuat aliran darah yang masuk dan keluar dari jantung lebih melambat sehingga denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah akan menurun, dan kualitas tidurpun akan lebih nyenyak.


Mengistirahatkan Lambung - Tidur dalam posisi miring ke kanan membuat makanan yang ada dalam perut atau lambung menetap dengan baik. Posisi ini juga dapat mencegah tekanan atau desakan hati terhadap lambung, serta membantu mengosongkan makanan di lambung setelah dicerna.


Meningkatkan Penyerapan Gizi - Pergerakan usus akan meningkat saat kita tidur. Dengan posisi tidur miring ke kanan membuat perjalanan makanan pada saat proses pencernaan menjadi lebih lama. Hal tersebut membuat penyerapan sari serta nutrisi makanan lebih maksimal dan optimal.


Melancarkan Buang Air Besar - Tidur miring ke kanan akan membuat proses pengisian pada usus besar sigmod menjadi lebih cepat penuh sehingga merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Hal ini yang akan merangsang serta memudahkan kita untuk buang air besar.


Mengistirahatkan Kaki Kiri - Kaki merupakan salah satu anggota tubuh paling bawah yang memerlukan waktu lebih lama untuk memulihkan peredaran darah. Nah, dengan tidur miring ke kanan ala Rasulullah ini akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehingga rasa kelelahan pada kaki dan pegal-pegal lebih cepat hilang.


Menjaga Kesehatan Paru-paru - Seperti yang telah kita ketahui, ukuran paru-paru kanan lebih besar daripada paru-paru kiri. Saat tidur miring ke kanan, akan membuat jantung condong ke kanan. Hal ini tak masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan kita yang ukurannya lebih besar. 


Menjaga Sistem Pernafasan - Tidur miring ke kanan akan mencegah jatuhnya pangkal lidah yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tanpa kita sadari, sewaktu tidur lidah akan jatuh ke belakang mendekati tenggorokan yang mengakibatkan proses pernafasan agak sedikit terhambat. Inilah yang menjadi penyebab orang yang terbiasa tidur dengan posisi telentang akan mendengkur dan ini bisa berbahaya jika mengalami kekurangan oksigen. Hal tersebut secara tiba-tiba bisa mengakibatkan pernafasan terhenti sejenak, membuat terbangun, serta mengalami pusing-pusing. Nah, ini bisa dicegah dengan membiasakan posisi tidur miring ke kanan ala Rasulullah lho. 


Nah, untuk sekarang yuk mulai membiasakan dengan tidur miring ke kanan untuk memperoleh posisi tidur yang sehat. Mari kita amalkan sunnah, sebagaimana telah terbukti manfaatnya bagi diri kita semua. Semoga informasi ini bermanfaat!




Demikianlah Artikel Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah

Sekianlah artikel Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rahasia di Balik Tidur Miring ke Kanan Ala Rasulullah dengan alamat link https://re-plye.blogspot.com/2020/08/rahasia-di-balik-tidur-miring-ke-kanan.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter